Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bandar Lampung

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bandar Lampung berdiri sebagai bentuk komitmen UBL dalam menjawab kebutuhan nasional akan tenaga pendidik yang profesional, kompeten, dan berdaya saing tinggi. FKIP UBL resmi didirikan pada tahun 2009, seiring dengan pengembangan kelembagaan Universitas Bandar Lampung yang terus berkembang sejak awal pendiriannya pada 17 Januari 1984.

Pendirian FKIP UBL diawali dengan pembukaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S-1) sebagai program studi pertama dan unggulan. Tujuan utama dari pendirian ini adalah menyediakan pendidikan tinggi dalam bidang kependidikan bahasa Inggris yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga relevan dengan perkembangan global, kebutuhan dunia kerja, dan tantangan pendidikan abad ke-21.

Sejak berdiri, FKIP UBL terus menunjukkan perkembangan pesat, baik dari segi jumlah mahasiswa, kualitas dosen, sarana dan prasarana, hingga perolehan akreditasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UBL saat ini telah terakreditasi “B” oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan terus berkomitmen meningkatkan mutu layanan pendidikan.

Dalam perjalanannya, FKIP tidak hanya berfokus pada kegiatan akademik formal, tetapi juga mendorong penguatan karakter mahasiswa melalui program-program kemahasiswaan, pengabdian kepada masyarakat, serta kegiatan kebahasaan dan kebudayaan baik di tingkat lokal maupun internasional.

FKIP UBL juga menjalin kerja sama dengan berbagai sekolah mitra, lembaga pelatihan, dan institusi luar negeri guna mendukung kegiatan Program Praktik Lapangan (PPL) serta program volunteering dan student exchange. Hal ini menunjukkan komitmen FKIP dalam mengembangkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat dan mampu bersaing secara global.

Dalam lebih dari satu dekade eksistensinya, FKIP UBL telah mencetak lulusan-lulusan yang berkiprah sebagai guru bahasa Inggris, tenaga kependidikan, pelatih bahasa, penerjemah, hingga profesional di sektor lain yang membutuhkan kompetensi bahasa dan komunikasi tingkat tinggi.

Arah Pengembangan FKIP ke Depan

Memasuki era pendidikan digital dan globalisasi, FKIP UBL memantapkan langkahnya dengan:

  • Penyusunan kurikulum berbasis MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka),
  • Peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut dan publikasi ilmiah,
  • Pemanfaatan teknologi pembelajaran berbasis digital,
  • Penyiapan pusat riset dan laboratorium pendidikan,
  • Dan penguatan peran FKIP dalam menjawab tantangan pendidikan masa depan.

Dengan semangat “Mendidik Para Pendidik Masa Depan”, FKIP UBL berkomitmen terus tumbuh menjadi fakultas yang unggul dan adaptif, menghasilkan lulusan yang tak hanya pintar secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat dan berjiwa pemimpin.