Scholarship

Scholarship Camp

Kronologis

Scholarship camp merupakan sebuah wadah yang diinisiasi English Department Universitas Bandar Lampung dalam mempersiapkan calon alumni dan alumni English Department UBL untuk menempuh studi lanjutan strata dua (Magister) keluar negeri. Mengingat salah satu motto UBL yaitu Global Oriented,Wadah ini secara informal memulai kegiatannya di awal tahun akademik 2015-2016. Pada tahun tersebut, melalui gerakan ISCo (International Scholarship Consultant) yang diadakan oleh scholarship camp, wadah ini berhasil memberangkatkan tiga orang alumni English Department untuk melanjutkan studi ke English and Foreign Languages University, Hyderabad, India di program M.A English (TESL). Di tahun-tahun berikutnya, telah banyak alumni English Department dan alumni program studi lainnya serta dosen-dosen UBL yang mengikuti program pembimbingan beasiswa internasional ini.

Selain menyediakan pembimbingan beasiswa internasional, wadah ini juga menyediakan layanan pembimbingan English test seperti TOEFL, IELTS, GRE dan GMAT. Sebagai tambahan para pembimbing beasiswa juga memberikan waktu tambahan untuk pelatihan penulisan Bahasa Inggris yang dapat memenuhi kebutuhan pendaftaran beasiswa internasional.

Pada perkembangannya, wadah Scholarship Camp juga memiliki fungsi untuk membangun kesadaran civitas akademik di Universitas Bandar Lampung terhadap pentingnya Intercultural Communication Competence dan hubungan dengan dunia luar.Untuk jangka panjangnya, para alumni Scholarship Camp diharapkan dapat memberikan kontribusi meluas bagi semua civitas akademik UBL maupun luar UBL baik untuk pembimbingan beasiswa pendidikan formal maupun informal seperti Short Course atau Fellowship. Kegiatan Scholarship Campini juga merupakan program unggulan di Universitas Bandar Lampung

Pada saat ini wadah Scholarship Camp dibina secara aktif oleh tiga orang dosen English Department UBL yaitu Helta Anggia, S.Pd.,M.A, Wayan Karang Yana, S.Pd.,M.A, dan Yanuar Dwi Prastyo, Ph.D.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan:

  1. Angkatan pertama alumni yang diterima untuk studi master di luar negeri
  2. Angkatan ke-2 yang diterima untuk lanjut studi master di luar negeri
  3. Delegasi UBL di Indonesian Youth Marine Debris Summit
  4. Beasiswa Fellowship di dua negara yang diikuti oleh dosen English Department
  5. Panggilan interview students exchange pada tahun 2018
  6. Surat tanda terima beasiswa ELEP 2016 untuk dosen English Department
  7. Surat tanda terima beasiswa CAMP EPIC dari Kedubes Amerika untuk Mahasiswa English Department
  8. Coaching pengisian aplikasi beasiswa oleh Scholarship Camp
  9. Upaya Pengenalan Intercultural Communication melalui seminar backpacker
  10. Paling kiri – dosen English Department sebagai best talent pada pelatihan Personal Entrepreneurial Program oleh LPDP
  11. Pelatihan IELTS dan TOEFL oleh Scholarship Camp terhadap para mahasiswa dan alumni

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*